posted by on Moslem Fashion

No comments

Ketika kita berpikir tentang busana oriental sebagai tren Barat kita mungkin membayangkan tokoh-memeluk gaun sutra dengan kerah mandarin dan tombol simpul sutra (yang cheongsam), karena ini sangat populer baik di tahun 1920 dan masa yang lebih. Saat ini gaya oriental lebih memperluas interpretasinya sehingga lebih terlihat feminin dan androgini, mewah dan simple. Mendengar kata oriental terlintas di benak kita seakan membahas hal-hal yang berbau “timur”.. iya , Eksotisme budaya timur  memang sudah sering menjadi inspirasi fashion dunia.

Oriental berasal dari bahasa latin yakni “oriens” yang berarti timur. Berdasarkan sejarah, “Oriental”  mengacu pada sesuatu atau seseorang dari “Timur”. “Oriental” pertama kali diterapkan terutama untuk Mesopotamia, Persia dan India mungkin karena lahan tersebut adalah timur dari Kekaisaran Romawi. Kemudian karena kebudayaan mitos china kuno telah menjadikan “orient” sebagai arti dari “dekat” atau “tengah” timur dan asia timur ditandai sebagai “timur” atau “timur jauh”. Karena geografi istilah “Oriental” datang untuk diterapkan pada aspek budaya, masyarakat, dan hal-hal lain dari “Timur Jauh”.

Sedangkan negara barat adalah eropa, amerika utara, dan semacamnya. Sehingga bisa disebut oriental merupakan sebutan bagi negara asia seperti Persia, India, China, Pakistan, termasuk Timur Tengah. Sekilas mengenai makna oriental tadi membawa kita ke pengetahuan yang sebenarnya… nah yang ingin kita bahas disini adalah mengaplikasikan tren ini untuk fashion kita sehari-hari.

Perlu kita ketahui bahwa aksen oriental tidak terlepas dari prints yang khas, warna-warni cerah, baju shanghai khas China, kimono, obi, kaftan, hingga saree. Oriental fashion sedang menjadi tren dunia di musim fall. Bagaimana dengan trendsetter di Indonesia? So, Untuk padu padan gaya kasual hingga formal maka anda dapat kenakan adalah:

1. Casual

Tunik, kaftan dan dress dengan prints/corak oriental yang dipadukan dengan jeans atau jeans berwarna dapat dikenakan pada acara-acara kasual.

 

2. Formal

  • Go all out dengan cheongsam dress. Agar tidak terlihat kuno bisa pilih cheongsam dengan prints batik atau warna pastel hingga tampilan tidak terlihat berat.
  • Sentuhan oriental tidak terpatok dengan kerah qipao atau dress cheongsam semata. Bermainlah dengan pilihan aksesori seperti ikat pinggang obi dan giok.  Dress ataupun gamis dengan aksen obi juga dapat dikenakan pada kesempatan ini.

Untuk make up, untuk lebih memunculkan keglamoran, gunakan make up natural dengan lipstick warna gelap untuk menambah kesan oriental. Sedangkan aksesoris, anda dapat gunakan gelang atau kalung giok. Clutch dengan aksen batik juga dapat dikenakan pada kesempatan formal..

Selamat mencoba! :)

Sumber:
www.fashionising.com, www.fimela.com, www.tuneeca.com.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.3/5 (3 votes cast)
Padu Padan Gaya Oriental, 4.3 out of 5 based on 3 ratings
Be Sociable, Share!

Leave a Reply